Bluprint Showroom | Mesin | Teknologi | Harga Terbaru

Las Karbit Lengkap beserta Bagiannya


Las Karbit beserta Peralatan Lengkapnya – Masih banyak kita temukan tukang las memakai jenis las Karbit atau Las gas untuk mengelas besi, pipa, maupun poros bahkan kuningan.

Las Karbit biasanya disebut las Asetilin yakni alat penyambung logam melalui proses pelelehan logam dengan menggunakan energi panas hasil pembakaran campuran gas asetilin dan gas oksigen.

Proses dalam Las Karbit adalah penyambungan logam dengan logam (pengelasan) yang menggunakan gas karbit (gas aseteline=C2H2) sebagai bahan bakar, prosesnya adalah membakar bahan bakar gas dengan O2 sehingga menimbulkan nyala api dengan suhu yang dapat mencairkan logam induk dan logam pengisi.

 

Torch-Pembakar-Las-Karbit-atau-AsetilinTabung-Las-Karbit-atau-Asetilin

 

Bagian-bagian Las Karbit atau Las Gas

1. Elektroda
Elektroda adalah bagian mesin las titik yang di gunakan untuk mengelas plat yang ketebalan maksimal plat adalah 2 mm.
2. Penutup Elektroda.
Penutup elektroda berfungsi sebagai penutup lubang elektroda las titik sebagai saluran masuknya air supaya tidak bocor.
3. MCB ( Mini Circuit Breaker )
MCB adalah dioperasikan secara otomatis listrik, yang beralih dirancang untuk meindungi sirkuit listrik dari kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan beban atau hubungan pendek.
4. Pompa Air
Pompa air ini berfungsi sebagai pemompa air, yang kemudian air tersebut disalurkan ke dalam elektroda mesin las titik agar dalam proses pengelasan titik tidak cepat panas.
5. Pipa Air
Pipa ini berfungsi sebagai aliran air yang dipasang dengan pompa air yang dialirkan ke elektroda las titik.
6. Selang Air
Selang ini berfungsi sama dengan pipa air. Selang ini di hubungkan dengan elektroda sebagai aliran pendingin elektroda. Kita menggunakan selang gas untuk penyaluran airnya, supaya tidak meleleh saat proses pengelasan.
7. Klem
Klem pada bagian mesin las titik berfungsi sebagai pengikat pada selang saluran air sebagai pendingin elektroda.
8. Neple
Neple berfungsi sebagai penyambung antara lubang pada elektroda dengan neple sebagai saluran masuknya air pendingin elektroda. Neple yang kita pakai dengan ukuran diameter ulir  ¼”.

Perlengkapan-Las-Karbit-atau-Asetilin

Jadi ada komponen penting dalam las karbit yakni tabung gas, asetilin dan pembakar yang masing-masing terdapat katub untuk mengeluarkan gas yang akan dipakai oleh tukang las.

Berapa harganya? nah, untuk harga lagsung bisa ditanyakan ke tukang las dimana toko penjual las karbit ini yang berjualan termasuk komponen-komponennya. Mungkin bisa tanya juga kaca mata las biar lebih savety dalam bekerja.

Demikian sekilas tentang Las Karbit yang kami kira masih simpel las listrik  yang mudah dibawa kemana mana namun banyak juga yang memakai Las Karbit hingga saat ini.



Las Karbit Lengkap beserta Bagiannya
About
Las Karbit Lengkap beserta Bagiannya , kategori: Las, Las Listrik - ditulis: at: . And has 1 comment
Next Older Post
1  comment Add a comment
salam..
ok bisa ngga jika di uraikan lebih detail.. pak
Reply Delete

Silahkan Komentar, kami siap membantu Jika anda membutuhkan. Terima Kasih!

Bck
Cancel Reply
Copyright ©2016 Showroom Cetak